Berita Kegiatan Kampus

#

Dosen Unisa Kuningan Bimbing Pengelolaan TBM

UNISA,- Dosen Universitas Islam Al-Ihya Kuningan, Zaenal Gopur Asmanul Salam, M.Si., membimbing manajemen pengelolaan Taman Baca Masyarakat (TBM). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Cisantana, Cigugur - Kuningan.

Pembinaan tersebut diikuti pengurus TBM An-Nurr Desa Cisantana. TBM An-Nurr merupakan salah satu TBM yang dibentuk pada, Sabtu (4/12/2021) atas kerjasama Kementerian Agama Republik Indonesia, Yayasan Pasamoan Kuningan, Karang Taruna, dan Pemerintah Desa Cisantana.

Zaenal Gopur menerangkan, manajemen pengelolaan taman baca atau perpustakaan masyarakat penting dipahami para pegiat TBM. Pemahaman tersebut akan mendukung kelangsungan atau kelancaran dalam menjalankan visi misi atau tujuan yang ditentukan.

Bahkan, seiring perkembangan zaman dan teknologi, selain harus bisa diakses oleh semua lapisan masyarakat, TBM di desa-desa juga harus bisa memenuhi kebutuhan referensi masyarakat. Upaya tersebut bisa dilakukan melalui inovasi teknologi atau terobosan program yang lahir dari ide dan gagasan para pengelola TBM.

"Manajemen pengelolaan taman baca sangat penting, karena banyak kasus, selain tidak ada program yang jalan, buku-buku perpustakaan tidak terdata rapih bahkan hilang," kata Zaenal.

Salah satu bentuk pengelolaan taman baca, lanjutnya, dengan cara mendaftarkan TBM tersebut secara resmi di lembaga pemerintah atau yang berafiliasi dengannya. Setelah terdaftar pegiat TBM juga harus masuk komunitas atau kelompok taman baca masyarakat yang ada di di Kuningan. Perkumpulan tersebut, menurutnya, akan sangat membantu para pengelola TBM pemula dalam mendapatkan ide dan gagasan tentang pengelolaan yang update seiring perkembangan zaman.

"Termasuk di dalamnya bisa mengikuti pelatihan dan bimbingan teknis yang dilaksanakan Pemda melalui dinas teknisnya," tuturnya.

Sementara itu, tim pembentuk TBM An-Nurr, Sopandi, M.Pd., berterima kasih kepada salah satu dosen atau SDM Unisa Kuningan yang sudah memberikan pencerahan kepada masyarakat, khususnya para pengelola TBM An-Nurr. Menurutnya, Unisa Kuningan sebagai perguruan tinggi di Kuningan memiliki kualifikasi keilmuan yang dibutuhkan masyarakat, termasuk di dalamnya mengenai pengelolaan TBM.

"Alhamdulillah kami bisa bersinergi dengan Unisa Kuningan. Para dosen dan timnya bisa membantu masyarakat dalam berbagai bidang, termasuk bagaimana manajerial dan pengelolan taman baca masyarakat," tuturnya. (Humas) 

Share:

Testimoni

Bagaimana mereka bercerita tentang UNISA Kuningan

#

HUBUNGI KAMI

Jika ada pertanyaan anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp dengan cara mengklik tombol Contact US

  • #
  • #
  • #
  • #
  • #